Templates by BIGtheme NET
Home » Artikel » Mengapa Das Peusangan Penting Untuk Dilindungi?

Mengapa Das Peusangan Penting Untuk Dilindungi?

Peusangan merupakan DAS terpenting  di Aceh, yang melintasi 5 kabupaten/kota yakni Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireun, Aceh Utara dan kota Lhoksuemawe. Di DAS ini terdapat sebuah sungai utama yang sangat penting keberadaannya bagi kehidupan  banyak orang yakni Peusangan.  Di bagian hulu, orang suku Gayo menyebutnya Wih Peusangan. Sedang di bagian hilir, dimana banyak tinggal suku Aceh, sungai ini disebut Krueng Peusangan.

Panjang Krueng Peusangan  sampai 128 KM. Hulu utamanya ada di Danau Laut Tawar yang berada di dataran tinggi kota Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Selain itu ada 107 sungai lainnya yang berasal dari hutan-hutan di sekitar Bukit Barisan turut mengalirkan airnya ke Krueng Peusangan. Total panjang sungai-sungai ini mencapai  6.469 KM.

Potensi airnya mencapai 16 milyar meter kubik per tahun sehingga berpeluang untuk dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Air Krueng Pesangan berakhir di laut Selat Malaka di Kabupaten Bireun. Bentang lahan yang menjadi daerah tangkapan air Krueng Peusangan disebut Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan. Luas DASnya mencapai  238.550 hektar.

DAS Krueng Peusangan terdiri dari 12 sub DAS  yakni   Krueng Peusangan Hilir, Ulee Gle, Teupin Mane, Krueng Keueh, Krueng Simpo, Wih Genengan, Timang Gajah, Wih Bruksah, Bawang Gajah, Wih Balek, Krueng Ceulala dan Laut Tawar.

DAS Krueng Peusangan masuk dalam kategori kritis 1 nasional yang harus segera diselamatkan dari kerusakan.  Hutan-hutan yang menjadi daerah tangkapan air telah mengalami degradasi akibat konversi lahan. Selain itu ada ancaman lainnya oleh galian C yang mengakibatkan erosi di tebing sungai. Debit air sungai berkurang di musim kering, namun dengan cepat menjadi sumber banjir di musim hujan.

Krueng Peusangan berperan penting sebagai sumber air bagi kehidupan 1 juta orang. Masyarakat menggunakannya untuk kepentingan pertanian, perkebunan, perikanan, dan sumber  air untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu  kegiatan industri besar seperti PT Arun (pengolahan gas),     PT PIM (pupuk) juga sangat tergantung pada sumber air dari Krueng     Peusangan. Begitu pentingnya keberadaan Krueng Peusangan sehingga kerusakan ekosistem di sekitarnya dapat berakibat besar pada kehidupan banyak orang.

Selama kurun waktu 20 tahun,   Krueng Peusangan mengalami masalah akibat semakin hancurnya ekosistem di sekitar DAS. Dari citra satelit terlihat terjadi pengurangan 40 persen luas tutupan selama  tahun 1990-2009.

Kawasan hutan dengan cepat beralih fungsi menjadi perkebunan kopi, kelapa sawit , kakao, pinang dan kebun campuran lainnya. Belum lagi masalah kebakaran hutan pinus terutama di sekitar Danau Laut Tawar yang memperparah kehancuran hutan yang menjadi daerah tangkapan air.

Danau Laut Tawar saat ini mengalami pengurangan debit air akibat  pendangkalan  karena sedimentasi  yang disebabkan oleh erosi tanah maupun aktivitas masyarakat yang membuang sampah organik ke danau. Diperkirakan selama kurun 30 tahun terakhir permukaan Danau Laut Tawar turun mencapai 1 meter.

Sementara masyarakat yang tinggal di bagian tengah dan hilir Krueng Peusangan kerap menghadapi masalah banjir, abrasi dan erosi yang mengakibatkan kerugian ekonomi. DAS Peusangan juga menghadapi masalah karena kegiatan pertambangan terutama galian C.

DAS Krueng Peusangan masuk dalam kategori kritis 1 nasional yang harus segera diselamatkan dari kerusakan.  Diperlukan perencanaan dan pengelolaan yang terpadu antara hulu dan hilir. Pemerintah 5 kabupaten/kota di DAS Peusangan telah sepakat untuk menjalin kerjasama untuk pengelolaan DAS secara bersama dan berkelanjutan.

Upaya yang harus dilakuan antara lain pengembangan ekonomi masyarakat di bagian hulu, konservasi kawasan tangkapan air, melakukan mitigasi bencana  dan mengembangkan skema PES atau jasa lingkungan di kawasan DAS Peusangan.  Keberadaan PES bertujuan untuk mendorong pemanfaatan sumber daya alam yang lebih efisien dan bertanggung jawab, sehingga mengurangi ancaman kerusakan lingkungan yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful