Templates by BIGtheme NET
Home » Marine » Aroen Meubanja Lepas 133 Tukik di Pantai Panga

Aroen Meubanja Lepas 133 Tukik di Pantai Panga

Acehinsight.com –  Tim konservasi Penyu Aroen Meubanja bersama WWF Indonesia Northern Sumatra Program melepas 133 ekor tukik (anak penyu) di pantai Pasie Aroen Panga, Keude Panga, Kecamatan Panga, Aceh Jaya, Sabtu, 10 Maret 2018.

Ketua Tim Konservasi Penyu Aroen Meubanja, Muniardi mengatakan bahwa dari 133 ekor tukik yang dilepas, hanya 59 tukik yang dilepas secara seremonial kemarin (sabtu), sedangkan 74 tukik lepas sendiri ke laut. “Semua jenis tukik yang dilepaskan adalah jenis tukik lekang,” ujar Muniardi.

Hadir dalam kegiatan pelepasan tukik lekang ini, diantaranya pihak Mukim, Kelompok Konservasi Penyu Sorkam Barat – Tapteng (Sumatera Utara), Walhi Sumut, Jaringan Kuala, Geuchik,  Siswa-siswi SD dan SMP Panga serta masyarakat sekitar.

“Penyu termasuk hewan dilindungi dan keberadaannya nyaris punah. Melestarikan penyu adalah wujud kepedulian kita kepada lingkungan,” ujar Dedi Penyu.

Selain pelepasan tukik yang merupakan kegiatan puncak pada sore hari, panitia acara juga menggelar kegiatan mewarnai, menggambar serta menulis puisi yang bertemakan “Penyu”. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh sejumlah siswa dan siswi SD dan SMP di Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jiwa konservasi, mencintai lingkungan dan alam termasuk didalamnya untuk melindungi satwa langka yang hampir punah sejak usia dini,” ujar Dewi Nopita Sari, Marine Fisheries Policy WWF Indonesia Northern Sumatra Program.

[Galeri Foto] Aroen Meubanja dan WWF Indonesia Lepas 133 Anak Penyu di Pantai Panga

Menurut Dewi, penyu merupakan salah satu satwa yang hampir punah sekarang ini. Sehingga perlu upaya untuk melestarikan penyu, dengan cara tidak mengambil, tidak membunuh, dan tidak memperjual belikan.

“Jika anak-anak sudah mencintai kebersihan untuk menjaga lingkungan (alam), cinta kepada satwa-satwa yang dilindungi, kita diharapkan hal tersebut dapat mengubah perilaku mereka untuk bisa lebih mencintai lingkungan dan alam berserta isinya,” kata Dewi.

Seperti diketahui Tim Konservasi Penyu Aroen Meubanja – Aceh Jaya, sejak 2012 hingga Maret 2018, telah melepas tukik ke laut mencapai 10.000 ekor lebih dengan fasilitas seadanya. Sedangkan untuk jenis penyu yang sedang dikembangkan di daerah itu hanya dua jenis yaitu Lekang dan Belimbing. []

Penyu Laut Di Indonesia: Kisah Ambasador Laut yang Terancam Punah

IUCN telah menyatakan Penyu Laut masuk dalam Red List of Threatened Species (Daftar Merah Spesies yang Terancam). Sebagai spesies yang daur hidupnya secara alamiah sudah rentan, kelangsungan populasi Penyu Laut makin terancam dengan meningkatnya aktivitas manusia. Aktivitas-aktivitas tersebut mencakup hancurnya habitat dan tempat penyu bertelur, tangkapan sampingan (bycatch), perburuan telur, perdagangan ilegal produk berbahan dasar penyu, dan berbagai eksploitasi yang membahayakan lingkungan. Hancurnya habitat penyu akan secara langsung membahayakan kelestarian Sang Ambasador Laut ini. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful