Templates by BIGtheme NET
Home » Marine » Training Standarisasi Data Monitoring Penyu Di Panga

Training Standarisasi Data Monitoring Penyu Di Panga

Acehinsight.com – Puluhan masyarakat yang terdiri WWF Indonesia, Tim Konservasi Penyu Aroen Meubanja, LSM A.P.A (Aneuk Pasie Aceh), Dinas Kelautan Dan Perikanan Aceh Jaya, Perwakilan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan – Univ. Teuku Umar, BPBAP Ujung Batee, serta Pusat Kajian Satwa Liar (PKSL) Unsyiah – Fakultas Kedokteran Hewan,  mengikuti “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Konservasi Penyu Aroen Meubanja Dalam Hal Metode Pendataan, Pemantauan, Penangkaran dan Pelepasan Penyu”, selama dua hari (24-25/01/2017) di Aula SMP Negri 1 Keude panga dan Shelter kawasan pengelolaan konservasi penyu di kawasan Panga, Aceh Jaya.

Ada 3 desa pesisir yang akan di lakukan pemantauan terhadap garis pantai peneluran penyu, yaitu desa Keude Panga, Kuta Tuha dan Alue Piet. Masyarakat setempat berinisiatif untuk melakukan perlindungan pantai peneluran penyu di kecamatan Panga.

Ancaman terhadap keberlanjutan spesies penyu disebabkan oleh predator dan pemburu telur “Penyu” yang tidak memikirkan keberlanjutan populasi dari hewan tersebut. Sebenarnya dulu hampir di semua garis di kabupaten Aceh Jaya lokasi tempat peneluran penyu, tetapi lambat laun berkurang dikarenakan oleh predator dan pemburu penyu.

Kerja keras untuk menyelamatkan telur penyu masih perlu dilakukan dan perlu didukung banyak pihak. Penting sekali melibatkan masyarakat lokal, LSM, pemerintah, komunitas dan publik lainnya. Selama ini masyarakat masih mengkonsumsi telur penyu sehingga perburuan telur masih sering terjadi. Kurangnya informasi dan kesadaran untuk menyelamatkan penyu di laut Aceh perlu ditingkatkan dengan harapan setiap tahunnya telur penyu yang diselamatkan dan berhasil ditetaskan lebih banyak lagi dari tahun ke tahun.

Selain ancaman predator, perburuan telur penyu untuk diperdagangkan merupakan ancaman terbesar saat ini, ditambah lagi dengan bertambahnya permintaan konsumen terhadap telur musiman ini.

”Tim Konservasi Aroen Meubanja” dengan jumlah anggota 21 orang yang terbagi dari 3 desa pesisir di kecamatan Panga, Aceh Jaya. 3 (tiga) desa pesisir ini memiliki garis Pantai sepanjang 15.56 Km. Secara Struktural tim Konservasi Penyu Aroen Meubanja berada di bawah naungan Panglima Laot. Tim ini sebelumnya 99% memiliki latar belakang sebagai pemburu penyu dan menjual telurnya. Perubahan profesi dari pemburu ke penyelamat didasari oleh jumlah temuan indukan yang dari tahun ke tahun semakin menurun.

Kapasitas Tim yang lahir dari pemburu ini masih minim terutama pada prosedur penanganan dan pendataan penyu, dimana pada tahun lalu tim ini sudah pernah mendapat pelatihan tentang metode pandataan dan pemantauan penyu secara dasar tapi masih belum cukup terkait hal tersebut. Karena pasca pelatihan tersebut semua tim sudah harus memiliki keahlian yang lebih dalam terhadap pemantauan dan pendataan penyu yang dapat dilihat dari segi konservasi berbasis masyarakat lokal.

Dari hasil pelatihan sebelumnya ada beberapa point yang tim harapkan diantaranya :

  1. Pengenalan Penyu dan konservasi
  2. Pendataan penyu dengan menggunakan software yang berbasis android
  3. Penetasan yang alami tanpa relokasi (mengetahui ancanaman sarang yang alami)
  4. Praktek Pemantauan dan Pendataan.

Berdasarkan hal tersebut, maka WWF berinisiasi untuk meningkatkan penguatan kapasitas tim tentang pendataan, pemantauan, penetasan serta pelepasan penyu yang berbasis masyarakat lokal dan keterkaitannya pada upaya pelestarian penyu.

Tujuan

  1. Peningkatan Kapasitas Tim Penyu pada pendataan, pemantauan, penetasan serta penanganan indukan penyu dan tukik

Hasil yang Diharapkan

  1. Ada keahlian semua tim terhadap metode pendataan, pemantauan dan penetasan penyu
  2. Adanya standarisasi laporan pemantauan dan pendataan melalui sistem manual dan online
  3. Memiliki pengetahuan penanganan penyu dalam konservasi

[Galeri Foto] Training Standarisasi Data Monitoring Penyu Di Panga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful