Templates by BIGtheme NET
Home » Artikel » Mengenal Mangrove

Mengenal Mangrove

Sebagian besar orang belum banyak mengetahui apakah sebenarnya mangrove itu. Masyarakat Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya yang berbahasa Melayu sering menyebut hutan mangrove dengan hutan bakau. Penggunaan istilah hutan bakau untuk hutan mangrove sebenarnya kurang tepat dan rancu, karena bakau hanya nama lokal dari marga Rhizophora, sementara hutan mangrove disusun dan ditumbuhi oleh banyak marga dan jenis tumbuhan lainnya. Oleh karena itu, beberapa ahli menyarankan penyebutan hutan mangrove dengan hutan bakau sebaiknya dihindari.

Mangrove mempunyai dua arti, pertama sebagai komunitas, yaitu komunitas atau masyarakat tumbuhan atau hutan yang tahan terhadap kadar garam/salinitas (pasang surut air laut); dan kedua sebagai individu spesies. Supaya tidak rancu, Macnae kemudian menggunakan istilah “mangal” apabila berkaitan dengan komunitas hutan dan “mangrove” untuk individu tumbuhan.

Kata mangrove merupakan kombinasi antara bahasa Portugis “mangue” dan bahasa Inggris “grove”. Dalam bahasa inggris kata mangrove digunakan baik untuk komunitas tumbuhan. yang tumbuh di daerah jangkauan pasang surut maupun untuk individu-individu jenis tumbuhan yang menyusun komunitas tersebut. Beberapa ahli mendefinisikan istilah “mangrove” secara berbeda-beda, namun pada dasarnya merujuk pada hal yang sama.

Hutan mangrove dikenal juga dengan istilah tidal forest, coastal wood land, vloedbosschen dan hutan payau (Bahasa Indonesia). Mangrove juga dapat disebut sebagai tumbuhan yang memiliki kekhasan habitus maupun habitat yang tidak dimiliki oleh tumbuhan lain.

Komunitas ini hidup pada daerah pasang surut dengan salinitas yang relatif tinggi dan kondisi perairan yang berubah-ubah (tergenang pada saat pasang dan bebas dari genangan pada saat surut) dengan reaksi tanah anaerob.

Untuk bertahan hidup, mangrove melakukan adaptasi dengan membentuk akar yang keluar dari dalam tanah untuk membantu pengambilan udara langsung karena tanah tempat tumbuh yang bersifat anaerob.

Jadi bisa dikatakan bahwa hutan mangrove dicirikan sebagai hutan yang habitatnya tidak terpengaruh iklim, dipengaruhi pasang surut, tanah tergenang air laut, tanah rendah pantai dan tidak mempunyai struktur tajuk. Beberapa ahli menyatakan bahwa hal tersebut berkaitan erat dengan tipe tanah (lumpur, pasir atau gambut), keterbukaan (terhadap hempasan gelombang), salinitas serta pengaruh pasang surut.

Sebagian besar mangrove hidup dan tumbuh dengan baik pada tanah berlumpur, terutama di daerah dimana endapan lumpur terakumulasi dengan reaksi tanah anaerob. Mangrove tersebar di seluruh lautan tropik dan subtropik, tumbuh hanya pada pantai yang terlindung dari gerakan gelombang; bila keadaan pantai sebaliknya, benih tidak mampu tumbuh dengan sempurna dan menjatuhkan akarnya.

Pantai-pantai ini tepat di sepanjang sisi pulau-pulau yang terlindung dari angin, atau serangkaian pulau atau pada pulau massa daratan di belakang terumbu karang di lepas pantai yang terlindung.

Beberapa ahli lain menyatakan bahwa tempat hidup/habitat mangrove merupakan habitat yang unik dan memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya adalah tanahnya tergenang air laut secara berkala, baik setiap hari atau hanya tergenang pada saat pasang pertama, tempat tersebut menerima pasokan air tawar yang cukup dari darat, daerahnya terlindung dari gelombang besar dan arus pasang surut yang kuat, airnya berkadar garam (bersalinitas) payau (2-22 o/oo) hingga asin.

Mangrove biasanya hidup di rawa payau yang terlindung dari gelombang besar dan berair tenang. Namun sebenarnya mangrove merupakan tumbuhan darat yang beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang bersalinitas tinggi sehingga mampu hidup di darat hingga pantai berkarang pada kedalaman tertentu. []

Prepared :

Said Rahmad Annesva

Sumber Penulisan Artikel:

Buku Potensi Mangrove Prepared (Dian Sulastini)

State of the World’s Forests (UN-FAO)-2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful