Templates by BIGtheme NET
Home » Activity » Belajar PES ke Cidanau

Belajar PES ke Cidanau

DSC04351

AWAL Desember 2010, WWF beserta Pemerintah Kabupaten Bireun, PDAM Bireun, PDAM Tirta Peusangan Aceh Utara, PT  PIM, PT Arun, perwakilan masyarakat Kecamatan Juli Kabupaten Bireun dan LSM Aceh Green Care melakukan studi banding ke DAS Cidanau di Provinsi Banten untuk melihat pengelolaan DAS yang melibatkan para pihak di sana.

Selain itu tim juga melihat  penerapan skema PES dimana PT. Krakatau Tirta Industri (KTI), anak perusahaan dari PT. Krakatau Steel, yang mengolah air bersih dari DAS Cidanau melakukan kontrak kerjasama dengan masyarakat yang tinggal di hulu DAS Cidanau untuk melestarikan dan memulihkan kawasan tangkapan air di sana.

DAS Cidanau terletak di antara Kabupaten Serang dan Pandeglang  dekat kota Cilegon dimana banyak terdapat kegiatan industri. Status Cidanau adalah Cagar Alam Rawa Danau, yakni satu-satunya rawa  pengunungan di Pulau Jawa. DAS ini menjadi sumber air bagi kehidupan masyarakat sekitarnya serta untuk kebutuhan 120  industri besar dan kecil yang ada di sana.

DAS Cidanau juga mengalami masalah akibat meningkatnya luas lahan kritis dan tingginya sedimentasi yang mengurangi kualitas air. Untuk   mengintegrasikan upaya pelestarian DAS Cidanau dibentuklah Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC) yang melibatkan para pihak yang terlibat dalam pengelolaan dan pemanfaatan DAS Cidanau. Masyarakat dilibatkan dalam berbagai upaya    penanganan kerusakan hutan dan lahan  yang diawali dengan musyawarah warga di setiap kecamatan di wilayah DAS Cidanau.

FKDC adalah lembaga independen yang di-SK-kan oleh Gubernur Banten. FKDC menjadi lembaga perantara dalam pelaksanaan skema PES di Cidanau.  PT KTI sejak beberapa tahun lalu secara sukarela memberikan dana kompensasi bagi  perlindungan hulu DAS Cidanau. Setiap tahun perusahaan ini memberikan dana melalui FKDC sebesar Rp 250 juta   untuk mengelola areal seluas 100 hektar dengan kontrak selama 5 tahun.

FKDC menyalurkan dana itu kepada 4 kelompok tani untuk kegiatan restorasi dan perlindungan kawasan tangkapan air.  Petani dibayar berdasarkan jumlah pohon yang ada di lahannya. Pohon tersebut tidak boleh ditebang selama kosebagai ganti hak untuk tidak menebang pohon. Selain itu dilakukan pula ntrak kerja dijalankan. Uang tersebut kegiatan penanaman pohon yang jenisnya dapat ditentukan sendiri oleh para petani.

Setelah berjalan 5 tahun kegiatan skema PES di Cidanau lumayan berhasil untuk meningkatkan pelestarian daerah tangkapan air di sana. Skema PES di Cindanau menjadi contoh menarik untuk ditiru oleh banyak daerah di Indonesia. Belum lama ini FKDC mendapat penghargaan Kalpataru dari pemerintah atas upaya-upayanya melestarikan DAS Cidanau.

Selama kunjungan ke Cidanau tim dari Aceh berdiskusi dan mendapat banyak informasi bagaimana kegiatan FKDC dalam mengelola DAS Cindanau, bertemu dengan PT KTI  dan meninjau kegiatan kelompok tani dalam kegiatan pelestarian hulu Cidanau. Hasil kunjungan ini diharapkan menjadi pembelajaran bagaimana Skema PES dapat diterapkan juga dalam upaya pelestarian DAS Krueng Peusangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful